Mengenal GPS (1)

Artikel ini aslinya saya posting di forum.teruci.org pada tanggal 22-08-2007.

GPS
atau Global Positioning System adalah suatu sistem untuk menentukan lokasi, kecepatan dan arah di titik manapun di bumi ini.

GPS dikembangkan oleh Dephan Amrik dengan nama resmi NAVSTAR GPS untuk keperluan sipil dan militer. Sistem GPS terdiri dari 3 elemen yaitu Space Segment, Control Segment dan User Segment.

Space Segment

Gampangnya, Space Segment itu adalah satelit2 yg mengorbit bumi, khusus untuk keperluan GPS ini. Saat ini ada 30 satelit GPS yg mengitari bumi, dan di setiap titik di bumi, minimal akan ter-cover oleh 6 satelit, tapi rata2-nya sih bisa sampai 12 satelit. Setiap satelit akan memancarkan suatu gelombang dengan kode tertentu.

Control Segment

Sedangkan Control Segment adalah stasiun kontrol di bumi yang mengatur dan memonitor pergerakan dan fungsi2 dari satelit2 tsb. Tentu saja, semua stasiun kontrol tsb dimiliki oleh pemerintah Amrik.

User Segment

Nah, yang berhubungan langsung dgn kita adalah User Segment, yang gampangnya adalah alat yg dapat menangkap sinyal satelit di atas dan menerjemahkannya menjadi lokasi, kecepatan dan arah. Untuk dapat menentukan 3 hal tsb, sebuah receiver GPS harus menangkap sinyal dari minimal 3 satelit. Tambah 1 satelit lagi, receiver GPS bisa menentukan altitude/ketinggian. Tambah banyak dan makin kuat lagi sinyalnya, akurasi penentuan lokasi akan makin akurat.

Akurasi

Kekuatan penangkapan sinyal GPS ditentukan oleh lingkungan di sekitar receiver GPS. Contohnya, kaca film yg mengandung logam, awan tebal, pohon rindang bisa mengurangi penangkapan sinyal. Pantulan sinyal satelit oleh gedung2 tinggi juga bisa mengurangi akurasi karena interferensi yang ditimbulkan.

Untuk penggunaan sipil, akurasi bisa sampai 3 meter, yang ditentukan oleh kondisi2 di atas. Sedangkan untuk militer, akurasi bisa sampai hitungan centi meter. Rudal2 patriot Amrik yg diluncurkan waktu perang teluk kemarin, juga menggunakan jasa GPS utk menuntun sampai ke target (bunker, rumah, etc.)

Macam-macam Receiver GPS

Untuk kegunaan sipil, banyak sekali jenis receiver yang biasa digunakan, seperti contoh2 di bawah ini:

Aviation GPS/Penerbangan Sipil



Marine GPS


In-Car GPS


Handheld GPS


Wrist GPS


Module GPS


Bersambung ...

Your comment"s here! Hover your cursor to leave a comment.