GPS Murmer untuk di Mobil (2)

Artikel ini aslinya saya posting di forum.teruci.org pada tanggal 22-08-2007, diedit seperlunya.

Nah, kalau sudah punya GPS module dan PDA berbasis PPC/WM, lalu bagaimana?

Tinggal sekarang memilih software dan peta. Seperti yang udah saya tulis di sini, ada beberapa pilihan software yg bisa jalan di PDA kita:

  • Mapking 2007, harga sekitar USD36, peta Jakarta saja
  • NusaMap, produk lokal, harga Rp.1,75juta, peta Jawa Bali, gratis update peta
  • Garmin Que, gratis, bisa didownload di sini.

Khusus untuk Garmin Que, sebetulnya software tersebut hanya bisa digunakan untuk GPS merk Garmin. Tapi ada workaroundnya yaitu pakai software GPSProxy yg bisa didownload di sini. Artikel lengkap instalasinya ada di navigasi.net.

Peta untuk Garmin Que, harus didownload terpisah karena yang membuat peta tsb bukan dr Garmin melainkan komunitas GPS Indonesia. Peta tsb merupakan kontribusi dari ratusan orang pengguna GPS di Indonesia. Silakan buka www.navigasi.net untuk lebih jelasnya. Di sana ada peta Jawa Bali, Lombok, dan sebagian Sumatera.

Kesimpulan: solusi murmer utk ber-GPS di mobil adalah GPS module + PDA (kalo belum punya bisa beli seken) + Garmin Que + peta dari navigasi.net. Biayanya hanya kurang dr 2 juta + biaya download software dan peta.

Tambahan: kalau mau sempurna, belilah PDA holder yg bisa nempel di kaca mobil dan car charger adapter utk supply tenaga ke PDA anda. Sertakan juga cassette adapter utk menghubungkan audio out PDA anda dengan head unit standar Rush/Terios. Kalau head unit sudah di-upgrade, hubungkan audio out PDA dgn aux-in dr head unit.

Kekurangan dari solusi ini adalah, mungkin kabel-kabel akan terlihat tdk rapi dan tidak fully integrated dgn head unit bawaan mobil. Tapi, murah!!!

Contoh tampilan software

Mapking






NusaMap



Garmin Que



Your comment"s here! Hover your cursor to leave a comment.