GPS Murmer untuk di Mobil (1)

Artikel ini aslinya saya posting di forum.teruci.org pada tanggal 22-08-2007, diedit seperlunya.

Di negara2 maju, yang namanya GPS navigation di mobil udah lumrah banget. Banyak mobil keluar dari pabrik udah beserta GPS unit. Tentu saja berikut peta untuk negara tersebut. Baru-baru ini, Toyota ngeluarin produk head unit yg udah include GPS dan peta. Di luaran juga mulai banyak yg jual head unit yg udah bisa konek ke GPS unit atau unit GPS terpisah yg memang dibuat khusus untuk digunakan di mobil (liat contoh gambarnya di sini).

Tapi, hargenye nggak nahan. Rata-rata harganya 2jt ke atas, saat ini (Januari 2008) salah satu yang paling terjangkau Garmin Nuvi 200, seharga 2 jutaan. Nah, ada alternatif untuk bisa memanfaatkan GPS dgn biaya lebih rendah, terutama kalau kita sudah memiliki PDA. Yaitu dengan membeli sebuah GPS module dan sebuah PDA/PDA Phone/Notebook jika belum memiliki.

GPS Module adalah sebuah GPS receiver unit yang mampu menangkap dan mengolah data sinyal satelit GPS. Tapi, alat ini tidak punya display apa pun. Butuh device lain untuk bisa memanfaatkannya. Di sinilah peran PDA/PDA Phone/Notebook tadi, untuk menjalankan software navigasi dan menyimpan peta.

Ada GPS module yg menggunakan USB, bluetooth atau kabel serial untuk koneksinya. Saya memilih yang menggunakan bluetooth dgn alasan simplicity dan banyak alat yg punya fitur bluetooth.

Yg ada di pasaran contohnya:

Garmin GPS 10x

Holux M-1000


Saya memilih menggunakan Holux M-1000 karena:

  • harganya murah. Saat ini list price 740rb di bhinneka.com. Saya kebetulan ikut batch impor pertama, jadi dpt harga masih 599rb.
  • punya koneksi bluetooth dan USB sekaligus (ada port mini USB di unitnya)
  • batere bisa diganti pake batere HP Nokia
  • sudah pakai chipset Sirf Star III, chip yg lumayan terbaik saat ini.
Nah untuk PDA/PDA Phone/Notebook, terserah mau pakai apa, mungkin banyak yg sudah punya. PDA/PDA Phone mungkin lbh enak, krn ukurannya kecil dan mudah dibawa ke mana-mana.

Untuk PDA/PDA Phone, sepertinya saat ini yg paling enak untuk digabungkan dengan GPS adalah yang berbasis Pocket PC/Windows Mobile karena masalah ketersediaan softwarenya lumayan lengkap. Merk bisa pakai Palm, dopod, HP iPaq, Toshiba, O2 atau yg lain, terserah selera dan budget masing-masing.

Saya sendiri memilih produk yg punya fungsi PDA saja (tanpa fungsi telepon) karena lebih murah. Bahkan untuk barang seken di pasaran bisa dapet di bawah 1 juta.

Jadi, dengan biaya di bawah 2 juta, sudah bisa memanfaatkan GPS di mobil, malahan kalau sudah memiliki PDA, hanya butuh biaya untuk beli GPS modulnya saja.

Bersambung ...

Your comment"s here! Hover your cursor to leave a comment.